Running Text

Senin, 11 April 2011

Cara Membuat RUNNING TEXT



Teks berjalan, atau running text bagi beberapa blogger diperlukan untuk memberikan perhatian khusus mengenai esensi dari text yang bersangkutan, contoh yang biasa mengunakan teks berjalan : "Gunakan Mozilla Firefox untuk tampilan terbaik", "Peringatan!", "informasi lebih lengkap silangkan kunjungi situs ini",
dan lain-lain. Di antara mereka ada yang menempatkan teks berjaan pada sidebar bahkan pada tilte blog.



Pada postingan kali ini saya hanya akan membahas mengenai text berjalan dan text berkedip dengan HTML. Sebelum melangkah lebih jauh cara penulisan teks berjalan dengan HTML, ada baiknya saya jelaskan beberapa fungsi dari kode HTML yang terkait:
Cara penulisan teks berjalan harus diawali dengan tag dan diakhiri dengan . Marquee sendiri memiliki beberapa atribut diantarnya :

• Width : berfungsi untuk menentukan ukuran lebar yang nantinya akan diapakai sebagai ruang teks berjalan. (dalam satuan pixel atau persen).
• Height : berfungsi untuk menentukan ukuran tinggi ruang teks berjalan. (dalam satuan pixel atau persen).
• Direction : berfungsi untuk menentukan arah gerakan teks (left : teks berjalan ke arah kiri, right : teks berjalan ke arah kanan, up : teks berjalan ke arah atas, down : teks berjalan ke arah bawah.)
• Bevaior : berfungsi untuk mengatur gerakan teks terdiri dari 3 attribute yaitu (alternate : teks bergerak bolak balik, slide : teks bergerak satu arah dan hanya sekali setelah itu berhenti, scroll : teks bergerak satu arah berulang-ulang).
• Color : berfungsi untuk mengatur warna teks (ditulis dalam kode hexadecimal tetapi untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris). Sebaiknya pelajari dulu mengeni kode warna.
• Bgcolor : berfungsi untuk mengatur warna background (dalam hexadecimal atau untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris).


Berikut langkah-langkahnya (khusus untuk blogspot) :
1. Masuk ke blogger.com, pilih tata letak.

2. Pilih edit HTML, jangan lupa centang Template Expand Widget

3. Carilah kode " head "

4. Kemudian letakkan kode javascript berikut ini tepat di bawah kode di atas :


5. Pada Tulisan (TEKS ANDA), anda ganti dengan tulisan yang anda inginkan tanpa
tanda kurung, misal selamat datang, welcome, dan sebagainya. Mudah sekali bukan?, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar