Running Text

Senin, 31 Januari 2011

Cara Membuat Template pada Blog


Saat ini Blogger sedang mengembangkan sebuah fitur baru dalam Blogger in draft yang bernama "Blogger Template Designer". Dari namanya saja sudah diketahui kalau fitur ini berhubungan dengan membuat desain template blogger.



Fitur ini membuat kita semakin mudah mendesain template blog di blogger. Tidak perlu lagi CSS yang ribet atau HTML yang rumit, kita hanya klik, klik, klik, dan klik saja. Tidak serumit Dreamweaver, juga tidak perlu diinstal seperti Artisteer. Dan yang pasti, fitur ini lebih mudah daripada mengedit CSS dan HTML secara manual di fitur Edit HTML.

Tampilan Blogger Template Designer berwarna gelap, yang menurutku memang cukup bagus untuk membuat desain. Dengan sebagian halaman untuk mengatur template dan sebagian halaman lainnya untuk preview template sebelum disimpan, yang pastinya akan menghemat waktu kita dalam membuat desain template.

Cara menggunakan fitur Blogger Template Designer:
1. Masuk ke Blogger in draft
2. Masuk ke Tata Letak
3. Masuk ke Perancang Template (Bahasa Inggrisnya: Template Designer)


4. Sekarang kamu akan masuk ke halaman template editor, tunggu beberapa saat ya...

Ini penjelasan menunya.


• Templates

Ini adalah menu untuk pengaturan dari desain templatenya secara keseluruhan. Secara default, Blogger menyediakan 4 pilihan gaya template dengan jumlah template default itu sendiri adalah 15 buah. Kita bisa memilih gaya template dengan warna yang diinginkan. Sementara ada juga live preview untuk melihat template seperti apa yang saat ini kita gunakan.

• Background

Ini adalah menu untuk pengaturan background dan warna. Ada kesatuan warna default yang bisa dipilih atau kita bisa mengkustomisasinya sendiri. Bisa dengan memilih satu-persatu atau memilih warna utama yang diinginkan dan biarkan Blogger memilih yang lainnya.

Sementara untuk mengganti gambar background, kita bisa klik pilihan "Background Image", nantinya akan muncul jendela yang berisi ratusan gambar yang disediakan oleh Blogger, ada yang transparan dan ada yang biasa. Untuk mengetahui apakah gambar yang transparan bisa dilihat dari adanya kotak-kotak di balik gambar yang seperti tergulung di ujung atas kanan dari thumbnail gambar. Kalau sudah selesai memilih bisa klik DONE atau kalau tidak jadi bisa klik CANCEL .

Kalau ingin background defaultnya bisa klik "Use default background".



• Layout
Ini adalah menu untuk mengatur susunan maupun posisi dari posting, sidebar, dan footer. Menu ini adalah perpaduan dari fitur Elemen Halaman minus edit isi widget plus pengaturan tata letak widget yang lebih mumpuni. Menu ini memiliki sub-menu yaitu,
o Body layout

Mengatur posisi widget yang ada di badan halaman. Untuk pilihan yang disediakan bisa lihat di gambar ini.

o Footer layout

Mengatur footer. Tersedia mulai dari 1 kolom hingga 3 kolom. Jadi tidak perlu lagi trik manual untuk membuat footer menjadi 3 kolom.

o Adjust width

Mengatur lebar konten dan sidebar bisa semudah menggeser tombol scroll. Hanya perlu geser-geser sedikit untuk mendapatkan lebar yang diinginkan. Tapi jika ingin lebih terukur, bisa menggunakan kotak isian di samping tempat geser-geser, tinggal ditulis berapa piksel yang diinginkan dan trala... semuanya akan sesuai.

• Advances

Merupakan tempat untuk mengatur font dan warna dengan lebih spesifik lagi. Jadi pastinya akan lebih advance (sesuai judul menunya kan? :D). Mirip dengan fitur "Font dan Warna" tapi plus pengaturan CSS tambahan. Ya seperti yang terlihat di gambar ini.

Kalau sudah selesai, jangan lupa klik APPLY TO BLOG .

Salah satu hasil edit sederhana punya Anni3:

Selamat Mencoba ! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar